Minggu, 26 Mei 2013

REVIEW KULIAH UMUM TEKNOLOGI PENDIDIKAN


KULIAH UMUM WITH Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc
REVIEW PERKULIAHAN UMUM
Perkuliahan Umum dengan bapak Teknologi Pendidikan Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc
Tujuan perkuliahan
1.      Memahami latar belakang tumbuh dan kembangnya teknologi pendidikan
2.  Meyakini kegunaan Teknologi Pendidikan dalam Membantu memecahkan masalah belajar dan pembelajaran
3.      Menghayati arti penting teknologi Pendidikan dalam pembangunan sistem Pendidikan

Judul materi perkuliahan
1.      Landasan Teknologi Pendidikan
2.      Definisi Teknologi Pendidikan
3.      Perkembangan Konsep Teknologi Pendidikan
4.      Trends in Educational Technology
5.      Latar belakang Historis Teknologi Pendidikan
6.      History of educational Technology (Roblyer)
7.      Belajar (Bahan Diskusi)
8.      Pembelajaran (Bahan Diskusi)
9.      Tujuan Belajar dan pembelajaran (Bahan Diskusi)
10.  Paikem Paimo (penerapan Teknologi Pendidikan dalam Proses Pembelajaran)
11.  Profesi dan Pendidikan keahlian Teknologi Pendidikan
12.  Sekilas Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembaharuan Pendidikan.
Perkuliahan umum dibagi menjadi dua sesi yaitu pagi dan siang. Sesi pagi hari membahas judul materi 1-6 dilanjutkan dengan sesi siang setelah istirahat membahasan judul materi 7-12.

Sesi Pagi
LANDASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Beberapa landasan yang dibahas pada sesi ini yaitu landasan Filsafat Pendidikan, Landasan teori & teknologi informasi, Landasan teori ekonomi & manajemen, Landasan teori & konsep sistem, Landasan teori dan konsep organisasi, Landasan empirik & praksis, Landasan kebijakan dan Landasan historis.  
Beberapa uraian dari Materi pagi adalah sebagai berikut:
LANDASAN FILSAFAT
Memperoleh kebenaran sebagai suatu disiplin (pengetahuan terapan) yang berdiri sendiri. ada 3 kajian dalam landasan filsafat yaitu: Ontologi yang membahas tentang apa hakekat gejala yang dikaji, Epistimologi membahas tentang bagaimana cara mengkaji dan Aksiologi yang membahas tentang apa nilai/manfaat pengkajian tersebut.

LANDASAN TEORI DAN KONSEP SISTEM
Pada landasan teori dan konsep sisitem membahas tentang teori hubungan manusia dan lingkungan, teori idealis, realis, rasionalis, empirik, teori perkembanngan, konsep pendidikan sepanjang hayat, konsep pendidikan yang membebaskan dan konsep pemberdayaan (UUD No.20)

LANDASAN ILMIAH DAN PENELITIAN
Kebenaran ilmiah dan pendekatan penelitian. Kebenaran ilmiah meliputi idealisme, rationalisme dan empirisme, sedangkan pendekatan penelitian meliputi positivisme dan post-positivisme

LANDASAN PSIKOLOGIS
Psikologi umum (intelegensi, motivasi, persepsi, minat dsb), psikologi terapan (psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi massa dan psikologi komunikasi).

LANDASAN TEORI BELAJAR
Macam-macam teori belajar yaitu: teori perkembangan kemampuan, teori perkembangan kognitif, teori pemprosesan informasi, teori belajar behavioristik, teori belajar humanis, dan teori belajar konstruktivisme

LANDASAN TEORI & TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Hakekat komunikasi, model komunikasi,saluran komunikasi, proses dan hasil komunikasi, omunikasi massa, sinergi dengan teknologiinformasi.

LANDASAN LAIN-LAIN
Visi TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Terwujudnya berbagai pola pembelajaran dengan dikembangkan dan dimanfaatkannya aneka sumber proses, dan sistem belajar sesuai dengan kondisi, kebutuhan dan potensi setiap pemelajar, menuju terbentuknya masyarakat belajar dan berpengetahuan.

PERKEMBANGAN KONSEP
Setiap konsep diwakili oleh suatu istilah agar mudah dikomunikasikan. Istilah itu menimbulkan suatu gagasan tertentu dan mewakili acuan tertentu. Gagasan juga merujuk pada acuan. Penjelasan istilah yang mengandung gagasannya dan acuan merupakan definisi.
Definisi konsep secara konotatif adalah menghubungkan, menjelaskan dengan konsep lain yang kurang abstrak. Sedangkan definisi denaotatifnya adalah menunjukan gagasan dan acuan, termasuk kondisi, prosedur dan lain-lain yang diperlukan.

LATAR BELAKANG HISTORIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI INDONESIA
Awal pemecahan Masalah pendidikan balai kursus tertulis pendidikan guru (BKPTG) 2 juli 1950 membahas bahan belajar mandiri dan tutorial, siaran radio untuk Demobilisasi pelajar pada tanggal 3 Juli 1951 yang terhenti pada tahun 1954 dan kursus tatabuku & hitung dagang melalului korespondensi (Effendi Harapan, 1952 Semarang)
Kondisi yang mempengaruhi perkembanngan teknologi pendidikan adalah posisi disekitar kattulistiwa yang merupakan kondisi ideal untuk peredaran satelit sinkron dengan perputaran bumi, Indonesia merupakan negara berkembang pertama yang memiliki satelit komunikasi domestik, kondisi geografis dengan kepulauan yang banyak dan tersebar sehingga telekomunikasi akan sangat brperan dan persebaran penduduk yang tidak merata, menyababkan kesenjangan dalam pelayanan.
Kegiatan-kegiatan pengembangan:
-          Pengkajian studi dan kelayakan (1968-1973)
-          Pendidikan tenaga ahli diluar Negeri (1970-1980)
-          Sosialisasi gagasa (1972)
-          Pelatihan tenaga terampil (1972)
-          Uji coba produksi program radio (1973)
-          Eksperimen di DIY, jateng dan Irja (1973-1974)
-          Evaluasi hasil eksperimen (19775)
-          Studi banding ke manca Negara (1975)

Sesi Sore dimulai sekitar pukul 14.00 dengan membahasan materi-materi selanjutnya dan ditutup dengan sesi tanya jawab. Pada akhir perkuliahan kami diberikan kesempatan untuk berfoto bersama yang dipandu oleh dosen pengampuh mata kuliah Dasar-Dasar Teknologi Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar