KULIAH UMUM WITH Prof.
Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc
REVIEW PERKULIAHAN UMUM
Perkuliahan Umum dengan bapak Teknologi Pendidikan Prof.
Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc
Tujuan perkuliahan
1.
Memahami latar belakang
tumbuh dan kembangnya teknologi pendidikan
2. Meyakini kegunaan
Teknologi Pendidikan dalam Membantu memecahkan masalah belajar dan pembelajaran
3.
Menghayati arti
penting teknologi Pendidikan dalam pembangunan sistem Pendidikan
Judul materi perkuliahan
1.
Landasan Teknologi
Pendidikan
2.
Definisi Teknologi
Pendidikan
3.
Perkembangan Konsep
Teknologi Pendidikan
4.
Trends in Educational
Technology
5.
Latar belakang
Historis Teknologi Pendidikan
6.
History of educational
Technology (Roblyer)
7.
Belajar (Bahan
Diskusi)
8.
Pembelajaran (Bahan
Diskusi)
9.
Tujuan Belajar dan
pembelajaran (Bahan Diskusi)
10. Paikem Paimo (penerapan Teknologi Pendidikan dalam Proses
Pembelajaran)
11. Profesi dan Pendidikan keahlian Teknologi Pendidikan
12. Sekilas Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembaharuan
Pendidikan.
Perkuliahan umum dibagi menjadi dua
sesi yaitu pagi dan siang. Sesi pagi hari membahas judul materi 1-6 dilanjutkan
dengan sesi siang setelah istirahat membahasan judul materi 7-12.
Sesi Pagi
LANDASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Beberapa landasan yang dibahas pada
sesi ini yaitu landasan Filsafat Pendidikan, Landasan teori & teknologi
informasi, Landasan teori ekonomi & manajemen, Landasan teori & konsep
sistem, Landasan teori dan konsep organisasi, Landasan empirik & praksis,
Landasan kebijakan dan Landasan historis.
Beberapa uraian dari Materi pagi
adalah sebagai berikut:
LANDASAN FILSAFAT
Memperoleh kebenaran sebagai suatu
disiplin (pengetahuan terapan) yang berdiri sendiri. ada 3 kajian dalam
landasan filsafat yaitu: Ontologi yang membahas tentang apa hakekat gejala yang
dikaji, Epistimologi membahas tentang bagaimana cara mengkaji dan Aksiologi
yang membahas tentang apa nilai/manfaat pengkajian tersebut.
LANDASAN TEORI DAN KONSEP SISTEM
Pada landasan teori dan konsep
sisitem membahas tentang teori hubungan manusia dan lingkungan, teori idealis,
realis, rasionalis, empirik, teori perkembanngan, konsep pendidikan sepanjang
hayat, konsep pendidikan yang membebaskan dan konsep pemberdayaan (UUD No.20)
LANDASAN ILMIAH DAN PENELITIAN
Kebenaran ilmiah dan pendekatan
penelitian. Kebenaran ilmiah meliputi idealisme, rationalisme dan empirisme,
sedangkan pendekatan penelitian meliputi positivisme dan post-positivisme
LANDASAN PSIKOLOGIS
Psikologi umum (intelegensi,
motivasi, persepsi, minat dsb), psikologi terapan (psikologi pendidikan,
psikologi sosial, psikologi massa dan psikologi komunikasi).
LANDASAN TEORI BELAJAR
Macam-macam teori belajar yaitu:
teori perkembangan kemampuan, teori perkembangan kognitif, teori pemprosesan
informasi, teori belajar behavioristik, teori belajar humanis, dan teori
belajar konstruktivisme
LANDASAN TEORI & TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Hakekat komunikasi, model
komunikasi,saluran komunikasi, proses dan hasil komunikasi, omunikasi massa,
sinergi dengan teknologiinformasi.
LANDASAN LAIN-LAIN
Visi TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Terwujudnya berbagai pola
pembelajaran dengan dikembangkan dan dimanfaatkannya aneka sumber proses, dan sistem
belajar sesuai dengan kondisi, kebutuhan dan potensi setiap pemelajar, menuju
terbentuknya masyarakat belajar dan berpengetahuan.
PERKEMBANGAN KONSEP
Setiap konsep diwakili oleh suatu
istilah agar mudah dikomunikasikan. Istilah itu menimbulkan suatu gagasan
tertentu dan mewakili acuan tertentu. Gagasan juga merujuk pada acuan.
Penjelasan istilah yang mengandung gagasannya dan acuan merupakan definisi.
Definisi konsep secara konotatif
adalah menghubungkan, menjelaskan dengan konsep lain yang kurang abstrak.
Sedangkan definisi denaotatifnya adalah menunjukan gagasan dan acuan, termasuk
kondisi, prosedur dan lain-lain yang diperlukan.
LATAR BELAKANG HISTORIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI INDONESIA
Awal pemecahan Masalah pendidikan
balai kursus tertulis pendidikan guru (BKPTG) 2 juli 1950 membahas bahan
belajar mandiri dan tutorial, siaran radio untuk Demobilisasi pelajar pada
tanggal 3 Juli 1951 yang terhenti pada tahun 1954 dan kursus tatabuku &
hitung dagang melalului korespondensi (Effendi Harapan, 1952 Semarang)
Kondisi yang mempengaruhi
perkembanngan teknologi pendidikan adalah posisi disekitar kattulistiwa yang
merupakan kondisi ideal untuk peredaran satelit sinkron dengan perputaran bumi,
Indonesia merupakan negara berkembang pertama yang memiliki satelit komunikasi
domestik, kondisi geografis dengan kepulauan yang banyak dan tersebar sehingga
telekomunikasi akan sangat brperan dan persebaran penduduk yang tidak merata,
menyababkan kesenjangan dalam pelayanan.
Kegiatan-kegiatan pengembangan:
-
Pengkajian studi dan
kelayakan (1968-1973)
-
Pendidikan tenaga ahli
diluar Negeri (1970-1980)
-
Sosialisasi gagasa
(1972)
-
Pelatihan tenaga terampil
(1972)
-
Uji coba produksi
program radio (1973)
-
Eksperimen di DIY,
jateng dan Irja (1973-1974)
-
Evaluasi hasil
eksperimen (19775)
-
Studi banding ke manca
Negara (1975)
Sesi Sore dimulai sekitar pukul 14.00 dengan membahasan
materi-materi selanjutnya dan ditutup dengan sesi tanya jawab. Pada akhir
perkuliahan kami diberikan kesempatan untuk berfoto bersama yang dipandu oleh
dosen pengampuh mata kuliah Dasar-Dasar Teknologi Pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar