Minggu, 26 Mei 2013

LANDASAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN


LANDASAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN
oleh:
HERLY NAPRITILOVA
06122503013
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang kejiawaan. Kaitannya dengan pendidikan adalah pemahaman terhadap kejiwaan manusia dalam menghadapi proses pembelajaran. Proses pembelajaran memerlukan beberapa faktor : faktor pegajar, siswa dan media pembelajaran. Secara menyeluruh psikologi dapat mempengaruhi  dan membuat proses pembelajaran yang didalamnya mengandung factor-faktor jadi lebih bermakna dan berarti sehingga mampu mencapai tujuan yang diinginkan.

KONTRIBUSI BERBAGAI CABANG PSIKOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN
PERKEMBANGAN
Dengan mempelajari psikolog perkembangan, para elit pendidikan bisa merumuskan KURIKULUM yang sesuai dengan jenjang pendidikan.
Misal : penekanan kurikulum tingkat SD akan jauh berbeda dengan penekanan kurikulum yang diterapkan di tingkat SMP, karena dengan memperhatikan perkembangan psikologi anak usia SD yang cenderung masih senang bermain maka kurikulum pun diciptakan agar anak-anak senang belajar, sehingga potensi yang terdapat pada anak dapat digali secara maksimal.
·      Dengan mempelajari psikologi perkembangan guru juga bisa menentukan MODEL PEMBELAJARAN yang akan diterapkan pada proses pembelajaran dikelas. Karena setiap kelas memiliki karakteristik yang berbeda, setiap jenjang pendidikan juga memiliki perkembangan yang berbeda, maka cara mengajarpun harus disesuaikan.
Misal : psikologi anak usia dini yang masih penuh dengan tawa dan ceria, maka cara mengajarnya pun dengan tawa, nyanyian permainan yang mendidik. Contoh kongkritnya dalam menghafal nama-nama nabi, untuk anak sd dengan nyanyian sedangkan untuk anak smp bisa dengan cara menghafalkannya saja. Strategi seperti ini bisa dilakukan da mendapatkan hasil yang maksimal jika semua pendidik dan elit pendidikan paham dan mengerti tentang perkembangan psikologi anak.
·         Mempelajari psikologi perkembangan juga bisa membantu dalam proses pemberian PENILAIAN kepada anak didik. Selaku pendidik yang memberikan pembelajaran kita bisa melihat, mengukur dan memprediksi sejauh mana pemahman peserti didik terhadap meteri yang telah disampaikan. Bukan hanya nilai akademik tetapi kita juga bisa menilai sikap dan tingkah laku peserta didik. Karena manusia itu unik dan tak ada manusia yang sama, maka penilaian kita pun akan berbeda untuk setiap anak. Pendidik akan melihat dan menilai dari berbagai sudut pandang yang berbeda sebelum menarik suatu kesimpulan.

IMPLEMENTASI BERBAGAI KONSEP, PRINSIP & PROSEDUR PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN
1.      Adanya jenjang pendidikan yang diseusaikan dengan usia peserta didik.
2.      Tercermin dalam UU SISDIKNAS 2003 Bab III pasal 4 tentang prinsip penyelenggaraan pendidikan.
3.      Lahirnya kurikulum tingkat satuan pendidikan, sehinggasekolah bisamemaksimalkan dan menyesuaikan pembelajaran dengan mengerahkan seluruh potensi yang mereka miliki.
4.      Adanya berbagai model pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.

BERBAGAI ISU TERKAIT KAJIAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN
Perkembangan psikologi untuk setiap anak berbeda, karena setiap anak itu unik, di Indonesia terdapat mahasiswa termuda yang sekarang tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Baptist Hong Kong (HKBU), anak unik tersebut bernama March Boedihardjo yang dilahirkan pada tahun 1998 dan sekang menyandang gelar sarjana sains ilmu matematika sekaligus master filosofi matematika.
Berita yang dilansir oleh media Koran Sumatera Ekspres ini menunjukan kebenaran akan ‘psikologi perkembangan’ untuk setiapanak itu berbeda dan tidak bisa disama ratakan walaupun usianya relative sama.
DAFTAR RUJUKAN
Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 29 September 2012. Diunduh dari http://www.slideshare.net/smpbudiagung/undang-undang-no-20-tahun-2003


Sudrajat, A. (2008). Kontribusi Psikologi Terhadap Pendidikan. 1 Oktober 2012. Diunduh dari http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/30/kontribusi-psikologi-terhadap-pendidikan-2/    

Sumatera Ekspres. 2 Oktober 2012. March Boediharjo, Mahasiswa Termuda dari Indonesia. hal 18.

Tirtarahardja, U &  Sula, L.2004. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Utami, S. (2011). Landasan Psikologi Dalam Pendidikan. 1 Oktober 2012. Diunduh dari http://www.infodiknas.com/180-landasan-psikologis-dalam-pendidikan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar