LANDASAN
PSIKOLOGIS PENDIDIKAN
oleh:
HERLY
NAPRITILOVA
06122503013
Psikologi merupakan ilmu yang
mempelajari segala sesuatu tentang kejiawaan. Kaitannya dengan pendidikan
adalah pemahaman terhadap kejiwaan manusia dalam menghadapi proses
pembelajaran. Proses pembelajaran memerlukan beberapa faktor : faktor pegajar,
siswa dan media pembelajaran. Secara menyeluruh psikologi dapat
mempengaruhi dan membuat proses
pembelajaran yang didalamnya mengandung factor-faktor jadi lebih bermakna dan
berarti sehingga mampu mencapai tujuan yang diinginkan.
KONTRIBUSI
BERBAGAI CABANG PSIKOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN
PERKEMBANGAN
Dengan mempelajari
psikolog perkembangan, para elit pendidikan bisa merumuskan KURIKULUM yang sesuai dengan jenjang
pendidikan.
Misal : penekanan kurikulum tingkat
SD akan jauh berbeda dengan penekanan kurikulum yang diterapkan di tingkat SMP,
karena dengan memperhatikan perkembangan psikologi anak usia SD yang cenderung
masih senang bermain maka kurikulum pun diciptakan agar anak-anak senang
belajar, sehingga potensi yang terdapat pada anak dapat digali secara maksimal.
·
Dengan mempelajari
psikologi perkembangan guru juga bisa menentukan MODEL PEMBELAJARAN yang akan diterapkan pada proses pembelajaran
dikelas. Karena setiap kelas memiliki karakteristik yang berbeda, setiap
jenjang pendidikan juga memiliki perkembangan yang berbeda, maka cara
mengajarpun harus disesuaikan.
Misal : psikologi anak usia dini
yang masih penuh dengan tawa dan ceria, maka cara mengajarnya pun dengan tawa,
nyanyian permainan yang mendidik. Contoh kongkritnya dalam menghafal nama-nama
nabi, untuk anak sd dengan nyanyian sedangkan untuk anak smp bisa dengan cara
menghafalkannya saja. Strategi seperti ini bisa dilakukan da mendapatkan hasil
yang maksimal jika semua pendidik dan elit pendidikan paham dan mengerti
tentang perkembangan psikologi anak.
·
Mempelajari psikologi
perkembangan juga bisa membantu dalam proses pemberian PENILAIAN kepada anak didik. Selaku pendidik yang memberikan
pembelajaran kita bisa melihat, mengukur dan memprediksi sejauh mana pemahman
peserti didik terhadap meteri yang telah disampaikan. Bukan hanya nilai
akademik tetapi kita juga bisa menilai sikap dan tingkah laku peserta didik.
Karena manusia itu unik dan tak ada manusia yang sama, maka penilaian kita pun
akan berbeda untuk setiap anak. Pendidik akan melihat dan menilai dari berbagai
sudut pandang yang berbeda sebelum menarik suatu kesimpulan.
IMPLEMENTASI
BERBAGAI KONSEP, PRINSIP & PROSEDUR PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN
1. Adanya
jenjang pendidikan yang diseusaikan dengan usia peserta didik.
2. Tercermin
dalam UU SISDIKNAS 2003 Bab III pasal 4 tentang prinsip penyelenggaraan
pendidikan.
3. Lahirnya
kurikulum tingkat satuan pendidikan, sehinggasekolah bisamemaksimalkan dan
menyesuaikan pembelajaran dengan mengerahkan seluruh potensi yang mereka
miliki.
4. Adanya
berbagai model pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.
BERBAGAI
ISU TERKAIT KAJIAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN
Perkembangan psikologi untuk setiap
anak berbeda, karena setiap anak itu unik, di Indonesia terdapat mahasiswa
termuda yang sekarang tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Baptist Hong
Kong (HKBU), anak unik tersebut bernama March Boedihardjo yang dilahirkan pada
tahun 1998 dan sekang menyandang gelar sarjana sains ilmu matematika sekaligus
master filosofi matematika.
Berita yang dilansir oleh media
Koran Sumatera Ekspres ini menunjukan kebenaran akan ‘psikologi perkembangan’
untuk setiapanak itu berbeda dan tidak bisa disama ratakan walaupun usianya
relative sama.
DAFTAR
RUJUKAN
Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional. 29 September 2012. Diunduh dari http://www.slideshare.net/smpbudiagung/undang-undang-no-20-tahun-2003
Prinsip-Prinsip
Psikologi Perkembangan. (2011). Prinsip-Prinsip
Psikologi Perkembangan. 29 September 2012. Diunduh dari http://www.psychologymania.com/2011/09/pengertian-perkembangan-berbeda-dengan.html
Sudrajat, A. (2008). Kontribusi Psikologi Terhadap Pendidikan.
1 Oktober 2012. Diunduh dari http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/30/kontribusi-psikologi-terhadap-pendidikan-2/
Sumatera Ekspres. 2 Oktober 2012. March Boediharjo, Mahasiswa Termuda dari
Indonesia. hal 18.
Tirtarahardja,
U & Sula, L.2004. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka
Cipta
Utami, S. (2011). Landasan Psikologi Dalam Pendidikan. 1 Oktober 2012. Diunduh dari http://www.infodiknas.com/180-landasan-psikologis-dalam-pendidikan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar