REVIEW PERKULIAHAN
PERENCANAAN PENDIDIKAN
PERENCANAAN PENDIDIKAN
7 FASE PERENCANAAN
- Q = MACH (MEETS AGRED & CHANGES)
- EXCELENT PRODUCT
- TO BEING OF THE BEST IN ALL FUNGTION : menjadi yang terbaik di segala bidang
- OTONOMI : majemen sekolah, manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah
- AKREDITSI : akan meningkatkan kinerja sekolah
- AKUNTABILITAS : tingkat kepercayaan, sehingga dengan sendirinya akan mendapat pengakuan dari masyarakat.
- EVALUASI : penilaian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas.
TMQ (TOTAL MANAGEMENT QUALITY)
TMT Awalnya digunakan dalam dunia industry, tetapi
dicoba diterapkan pada dunia
pendidikan.
Costomer
Internal : guru dan kariawan
Eksternal utama : siswa
Eksternal kedua : wali murid, komite sekolah &
pejabat di atasnya
Ketiga : pemerintah
Agar berjalan sempurna dan baik total partisipasi
dari semua aspek sekurang-kurangnya 85%.
MANAJEMENT STRATEGI
Rencana
yang cermat, tentang kegiatan-kegiatan sasaran khusus
Strategi :
pola/rencana yang terintegrasi , memiliki tujuan utama, kebijakan &
urutan-urutan tindakan yang sifatnya konferhensif & keseluruhan.
MODEL MANAGEMENT STRATEGI
Pengamatan
Lingkungan
Perumusan
strategi
Immplementasi
strategi
Evaluasi/Pengendalian
Tiga pertanyaan yang
mesti dijawab jika kita ingin perubahan
1.
Dimana
posisi sekolah kita sekarang?
2.
Jika
tidak ada perubahan pada tahun yang akan dating, dimana posisi sekolah kita
nanti?
3. Jika
jawaban tidak diterima, aksi kongkrit apa yang harus dilakukan oleh managemen,
apa resiko & hasil yang akan kita peroleh.
Ciri kelas yang tidak kondusif
1.
Anak-anak
didik mulai gelisah
2.
Salah
satu murid berkata “pak Izin, pak”
3.
Secara
tidak segaja menjatuhkan pena.
Faktor-faktor Starategi
1.
Kekuatan
2.
Kelemahan
3.
Kesempatan
4.
Ancaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar