Minggu, 02 Juni 2013

TOTAL MANAGEMENT QUALITY

REVIEW PERKULIAHAN 
PERENCANAAN PENDIDIKAN

7 FASE PERENCANAAN
  1. Q = MACH (MEETS AGRED & CHANGES)
  2. EXCELENT PRODUCT 
  3. TO BEING OF THE BEST IN ALL FUNGTION : menjadi yang terbaik di segala bidang 
  4. OTONOMI : majemen sekolah, manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah 
  5. AKREDITSI : akan meningkatkan kinerja sekolah 
  6. AKUNTABILITAS : tingkat kepercayaan, sehingga dengan sendirinya akan mendapat pengakuan dari masyarakat. 
  7. EVALUASI : penilaian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas.

TMQ (TOTAL MANAGEMENT QUALITY)
TMT Awalnya digunakan dalam dunia industry, tetapi dicoba diterapkan   pada dunia pendidikan.
Costomer
Internal : guru dan kariawan
Eksternal utama : siswa
Eksternal kedua : wali murid, komite sekolah & pejabat di atasnya
Ketiga : pemerintah
Agar berjalan sempurna dan baik total partisipasi dari semua aspek sekurang-kurangnya 85%.

MANAJEMENT STRATEGI
Rencana yang cermat, tentang kegiatan-kegiatan sasaran khusus
Strategi : pola/rencana yang terintegrasi , memiliki tujuan utama, kebijakan & urutan-urutan tindakan yang sifatnya konferhensif & keseluruhan.
 
MODEL MANAGEMENT STRATEGI
Pengamatan Lingkungan
Perumusan strategi
Immplementasi strategi
Evaluasi/Pengendalian
Tiga pertanyaan yang mesti dijawab jika kita ingin perubahan
1.      Dimana posisi sekolah kita sekarang?
2.      Jika tidak ada perubahan pada tahun yang akan dating, dimana posisi sekolah kita nanti?
3.    Jika jawaban tidak diterima, aksi kongkrit apa yang harus dilakukan oleh managemen, apa resiko & hasil yang akan kita peroleh.


Ciri kelas yang tidak kondusif
1.      Anak-anak didik mulai gelisah
2.      Salah satu murid berkata “pak Izin, pak”
3.      Secara tidak segaja menjatuhkan pena.

Faktor-faktor Starategi
1.      Kekuatan
2.      Kelemahan
3.      Kesempatan
4.      Ancaman

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar