Senin, 03 Juni 2013

DEFINISI PEMBELAJARAN



DEFINISI PEMBELAJARAN

  1. Menurut Rivai, Pembelajaran adalah perpaduan dari dua aktivitas, yaitu aktivitas mengajar dan aktivitas belajar. Aktivitas mengajar menyangkut peranan seorang guru dalam konteks mengupayakan terciptanya jalinan komunikasi harmonis antara pengajar itu sendiri dengan si belajar
  2. Menurut KNOWLES, Pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
  3. Menurut Slavin, Pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.
  4. Menurut Woolfolk, Pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku.
  5. Menurut Crow & Crow, Pembelajaran adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
  6. Menurut Rahil Mahyuddin, Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
  7. Menurut Achjar Chalil, Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
  8. Menurut Corey, Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus.
  9. Menurut G. A. Kimble, Pembelajaran merupakan perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakuan akibat latihan yang diperkukuh.
  10. Menurut Munif Chatib, Pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi psikologi.

Jadi “pembelajaran merupakan proses perubahan tingkah laku yang bersumber dari proses belajar dan pembelajaran baik formal maupun informal yang melibatkan proses transfer ilmu dua arah sehingga menyebebkan adanya perubahan sikap, tingkahlaku dan pemahaman yang sifatnya relatif kekal.”
(Herly,N: 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar